Cholip fik'07 Blog

Just another WordPress.com weblog

management kebugaran jasmani

Management Kebugaran Jasmani

Dalam literatur lain disebutkan kesehatan yang sempurna adalah suatu keadaan yang tidak hanya bebas dari penyakit, namun juga memiliki tingkat kebugaran yang optimal. Kesegaran jasmani (kebugaran) adalah kemampuan untuk melaksanakan tugas sehari-hari tanpa mengalami kelelahan yang berarti dan dapat menghadapi kegiatan selanjutnya. Sedangkan sehat adalah suatu keadaan harmonis meliputi kesehatan jasmani, rohani (mental), dan social, bukan hanya keadaan bebas dari penyakit, cacat dan kelemahan (menurut UU No. 23/1992).
Sehat sosial :dapat bekerja sama, tolong-menolong, bersikap terbuka, toleransinya besar, dapat menghargai pihak orang lain. Sehat mental : jujur dengan diri sendiri dan orang lain, rela berkorban, tangguh, mantap, mandiri, dan bertanggung jawab. Sehat emosional : dapat mengendalikan diri, mempunyai tenggang rasa yang tinggi, saling memaafkan, saling menghormati. Sehat spiritual : dapat mengambil hikmah dari semua kejadian yang menimpa seseorang dengan cepat dan mampu merasakan atau mensyukuri nikmat yang tuhan  berikan pada umatnya.
Sehat fisik
1.    Sehat statis adalah normalnya keadaan fungsi tubuh seseorang dalam melakukan pekerjaan  atau aktifitas sehari-hari.
2.    Sehat dinamis adalah normalnya keadaan fungsi tubuh seseorang dalam melakukan pekerjaan  atau aktifitas sehari-hari dan aktifitas tambahan atau hobinya (misal :aktifitas olahraga).
Kebugaran diuraikan menjadi berbagai komponen yang secara garis besarnya terbagi menjadi 2 golongan yaitu komponen kebugaran yang terkait dengan kesehatan (health-related fitness) dan komponen kebugaran yang terkait dengan keterampilan (skill-related fitness).
A.    Komponen kebugaran yang terkait dengan kesehatan secara umum adalah
1.    Kebugaran jantung-paru.
Salah satu tanda kebugaran jantung-paru yang baik adalah kemampuan seseorang untuk melaksanakan kegiatan jasmani dalam jangka waktu yang lama tanpa menimbulkan kelelahan yang berarti, serta kemampuan untuk segera pulih setelah melakukan suatu kegiatan jasmani.
Contoh : contoh latihan yang dapat meningkatkan kebugaran jantung-paru adalah semua kegiatan olahraga yang yang bersifat aerobik yaitu suatu yang melibatkan otot-otot besar (utamanya lengan dan tungkai) melakukan gerakan ritmis secara terus menerus. Seperti :
,    ,   ,   ,
Berjalan     ,      jogging        ,     bersepeda     ,     berenang    , aerobic dance
2.    Kebugaran otot (kekuatan dan daya tahan otot).
a)    Kekuatan otot.
Kekuatan otot adalah tenaga, gaya atau ketegangan yang dapat dihasilkan oleh otot atau sekelompok otot pada suatu kontraksi dengan beban maksimal.
b)    Daya tahan otot.
Daya tahan otot adalah kapasitas sekelompok otot untuk melakukan kontraksi yang beruntun atau berulang-ulang terhadap suatu beban submaksimal dalam jangka waktu tertentu.
Kemampuan otot dalam mendukung kegiatan jasmani ditentukan oleh efisiensi pengaturan oleh saraf serta mekanisme seluler yang bekerja di dalam otot. Pada otot yang bugar, energi yang dibutuhkan untuk mendukung kegiatan jasmani lebih rendah karena otot bekerja lebih efisien, sehingga otot dapat tampil lebih kuat dan mempertahankan kerjanya dalam waktu yang lebih lama.
Contoh : Dengan pemberian latihan dengan memberi beban kerja pada otot. Seperti :
,   ,   ,   ,   latihan beban, permainan bola basket, bola voli, tenis        ,   sepak bola.
3.    Fleksibility atau Kelenturan.
Fleksibilitas adalah kemampuan seseorang mendayagunakan otot dan persendiannya, sehingga dapat mencapai jelajah gerak sendi yang seluas-luasnya.
Contoh : fleksibilitas dapat tercapai jika dilakukan latihan peregangan di sebagian besar persendian tubuh penting sehingga dapat memelihara kemampuan gerak persendian. Beberapa contoh dalam bentuk gambar :
,   ,   ,   ,
4.    Komposisi tubuh.
Komposisi tubuh adalah hal yang menggambarkan perbandingan bagian tubuh yang secara metabolisme aktif – terutama otot – dibandingkan dengan bagian yang kurang aktif – terutama lemak.
Komposisi tubuh dapat tercapai melalui keseimbangan keluar masuknya energi. Masuknya energi yang seimbang dengan pengeluarannya akan mempertahankan komposisi tubuh.jika berbagai kegiatan olahraga yang dilakukan memberi komtribusi yang tepat terhadap pengeluaran energi tubuh secara keseluruhan maka dapat dicapai komposisi tubuh yang optimal.

B.    Komponen kebugaran yang terkait dengan keterampilan secara umum adalah :
1.    Kecekatan / Kelincahan (agility).
Kecekatan adalah kemampuan untuk mengubah arah gerak tubuh secara cepat dan tepat. Kelincahan merupakan faktor yang penting untuk dapat berpartisipasi dalam bermacam-macam kegiatan olahraga.
Contoh : beberapa contoh latihan kelincahan
,   ,   ,   ,
2.    Keseimbangan (balance).
Keseimbangan adalah kemampuan untuk mempertahankan posisi tubuh saat diam maupun bergerak. Dalam keseimbangan yang perlu diperhatikan ialah waktu reflek, waktu reaksi, dan kecepatan gerak.
Contoh :
,   ,   ,   ,

3.    Koordinasi.
Koordinasi adalah kemampuan untuk menggunakan pengindraan dan berbagai bagian tubuh untuk melakukan gerakan secara tepat. Atau kemampuan seseorang untuk menggabungkan tiga komponen yaitu keseimbangan, kelincahan, dan kecepatan dalam suatu gerakannya.
Contoh :
,   ,   ,   ,
4.    Daya ledak (explosive power).
Daya ledak adalah kemampuan maksimal otot yang dapat dihasilkan dalam waktu singkat.
Contoh :
,   ,   ,   ,
5.    Waktu reaksi.
Waktu reaksi adalah kemampuan untuk merespon suatu rangsangan secara cepat.
6.    Kecepatan.
Kecepatan adalah waktu yang dibutuhkan oleh tubuh untuk melaksanakan suatu kerja fisik tertentu.
Contoh :
,   ,   ,   ,

About these ads

March 31, 2010 - Posted by | Kuliah, Sport Science |

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: